Desain Undangan 40 Hari Fatimah


Undangan 40 hari Fatimah adalah sebuah undangan tahlil, konsep yang saya gunakan masih sama yaitu batu nisan dengan bunga kamboja di sekelilingnya. Desain ini digunakan untuk acara doa bersama atas 40 hari wafatnya seseorang, bisa juga digunakan untuk 100 hari, 1000 hari atau mendak.

Memang kadang inspirasi datang pada saat kita terdesak, waktu itu saya sedang bingung mengenai gambar apa yang harus saya sisipkan pada pembuatan kali ini. Saya mencoba untuk menggambar bunga kamboja namun belum bisa membayangkan seperti apa bentuknya. Meskipun saya sering melewati kuburan bahkan mengambil sampel bunga kamboja.

Kemudian saya menggambar bunga kamboja di CorelDraw senyata mungkin tapi hasilnya tidak memuaskan, saya pikir kurang cocok untuk diterapkan disini. Saya sempat berhenti untuk menggambar, tentu saja saya juga berhenti  dalam menulis artikel.

Lalu datanglah pesanan untuk memperingati wafatnya seorang tetangga, dan saya mencoba lagi membuat gambar bunga kamboja. Saya memutuskan menggambar bunga kamboja dengan sentuhan batik.

Kita juga bisa menggambar bunga dengan melihat langsung bunga atau foto bunganya, mari langsung saja kita buat bunganya:

Kita gambar dua buah lingkaran dan letakkan berdampingan hingga garis lingkaran yang satu menyentuh titik pusat lingkaran lain, atau kita bisa atur sesuai keinginan. Seleksi keduanya dan klik intersect pada property bar.


Setelah terbentuk objek baru, kita edit bentuk tersebut menggunakan shape tool hingga membentuk seperti kelopak bunga kamboja. Tentukan warna sesuai keinginan kita dan kita buat gambar isian, kita bisa menggunakan gambar garis, titik-titik atau lainnya. Note: ada 3 komponen penting dalam menggambar motif batik yaitu ornamen pokok, ornamen isian, dan ornamen pengisi.

Selanjutnya kita salin gambar kelopak tersebut menjadi lima bagian dan/ atau kita edit setiap kelopak jika kita ingin bentuk kelopak yang berbeda-beda .  Kita satukan hingga membentuk bunga kamboja, seleksi semua dan klik group pada property bar.


Kita gambar daun kamboja, kali ini saya menggunakan foto gambar daun kemboja untuk menggambar daun. Kita buat kotak selebar daun yang sudah dipilih untuk dijadikan pola dan atur penempatannya.

Klik kanan kotak dan klik convert to curve, lalu klik shape tool dan gunakan property shape tool untuk membentuk garis agar sama seperti daun. Kita gunakan cara yang sama untuk menggambar rangka daun, kita ambil rangka tengah saja.

Setelah jadi, kita pisahkan objek daun dari foto tersebut, seleksi daun dan rangka. Klik back minus front pada property bar, beri warna daun tersebut.

Kemudian kita satukan daun dan bunga, tempatkan sesuai imajinasi kita mengenai bunga kamboja.


Pembuatan gambar bunga kamboja telah selesai, kita hanya perlu memainkan imajinasi kita untuk menempatkan objek tersebut dan menerapkannya pada sebuah desain.


Apakah anda masih bingung mengenai penjelasan diatas? Anda bisa download gratis file yang masih dalam ekstensi cdr. Anda bisa mempelajari lebih mendalam, saya sediakan bahan dan gambar undangan tahlil. Dan cara membuat undangangan dengan konsep batu nisan juga sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Download: desain undangan 40 hari fatimah


Komentar

Artikel Populer

Undangan 7 bulan kehamilan Anisah

Undangan tasyakuran 4 bulan kehamilan Syafiqoh

Undangan walimatul hamli Dewi Ratna

Undangan Walimatul Hamli Siti Fadiyah

Undangan Akad Nikah Nafisah

undangan walimatul hamli murningsih

Undangan Walimatul Hamli Siti Badriyah